Hand Sanitizer Santik Kana

Mahasiswa UPGRIS Ciptakan Hand Sanitizer Santik Kana

SEMARANG[Kampusnesia] – Penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang semakin meluas di tanah air, beberapa mahasiswa Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) tergerak untuk membantu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 itu dengan membuat hand sanitizer Santik Kana.
Birizki Arfianto mahasiswa Pendidikan  Biologi UPGRIS mengatakan banyak upaya yang terus dilakukan oleh pihak kampus terkait pencegahan penyebaran virus Corona.
Bahkan lanjutnya,  telah dibentuk Tim satuan tugas Pencegahan virus Corona demnhan kegiatan  di antaranya penyemprotan desinfektan di semua lingkungan kampus, penyedian hand sanitizer di semua sudut kampus, hingga sebaran poster himbauan cegah virus Corona.
Birizki Arfianto merupakan salah satu pencetus awal pembuatan Hand sanitizer Santik Kana di kampus itu. Hand sanitizer Santik Kana adalah produk hasil penelitian pengembangan sebelumnya dari sabun cuci tangan.
Menurutnya, sekarang ini produk disesuaikan dengan kebutuhan pasar terutama praktis, bermanfaat, serta harganya terjangkau.
Produk ini, lanjutnya, merupakan binaan dari inkubator bisnis UPGRIS dalam satu tahun ini dan sedang mengikuti kegiatan pendanaan perusahaan pemula berbasis tekmologi (PPBT) 2020 dengan anggaran Rp500 juta.
Birizki menemukan ide awal berdasarkan permasalahan di kalangan masyarakat dengan  melimpahnya bahan baku kulit kacang tanah, yang memiliki kandungan antibakteri, sekitar 70% adalah flavonoid.
“Berdasarkan permasalahan kebutuhan cairan pembersih tangan untuk menjaga kebersihan tangan dari kuman penyebab penyakit,  maka kami membuat hand sanitizer dengan komposisi, alkohol, ekstrak kacang, ekstrak sereh dan jeruk nipis (sebagai pewangi), aloevera sebagai pelembab dan pelembut, h2o2, dan aquades,@ ujarnya.
Dia menuturkan berdasarkan uji produk, hand sanitizer ini memiliki aktivitas membunuh bakteri e coli dan s aureus.

#handsanitizer#handsoap#limbah#kulitkacang#inovasi#kreativitas#PKM#biologi#lab#laboratorium#pendidikanbiologi#upgris#pmb#pmb2023#pmbupgris#SMA#SMK